Entri Populer

Kamis, 11 Agustus 2011

Harga Kemiri daerah sumatera

Bisnis Rabu, 02 Mar 2011

Harga Kemiri Anjlok, Kakao Bertahan
Medan Bisnis. Harga komoditas kemiri di Kabupaten Aceh Tenggara, minggu ini anjlok dari Rp 27.000 per kilogram menjadi Rp 20.000 per kg. Sementara harga komoditas biji kakao bertahan Rp 26.000 per kg, begitu juga buah pinang kering harganya stabil Rp 5.000 per kg.
Hal tersebut dikatakan seorang agen penampung berbagai hasil bumi, di Pasar Pagi Kutacane, Aceh Tenggara, kepada MedanBisnis.

Harga kemiri mengalami penurunan cukup signifikan. Padahal minggu lalu harganya masih Rp 26.000 per kg, sekarang turun menjadi Rp 20.000 per kg.

“Menurut pengamatan saya, anjloknya harga kemiri disebabkan pasokan sudah banyak dari Tanah Karo, sebab di daerah tersebut sedang musim panen buah kemiri,” Tapi, harga kakao masih bertahan karena pasokan dari petani mulai menurun. Seiring permintaan biji kakao dari Medan terus meningkat, harganya masih bertahan bahkan bisa saja nanti mengalami kenaikan.

Mamuju (ANTARA News) - Harga kemiri kupas yang dibeli pedagang pengumpul di Mamuju ibukota Provinsi Sulawesi Barat, tergolong stabil dengan harga sebesar Rp25.000 per kilogram.

salah seorang pedagang pengumpul hasil bumi di Mamuju, Minggu, mengatakan, harga kemiri kupas dengan kualitas bagus masih dapat dibeli dengan harga maksimal Rp25.000 per kilogram. Sedangkan untuk kemiri kupas dengan kualitas rendah dibayarkan dengan kisaran Rp23.000 per kilogram.

"Kemiri kupas yang kurang berkualitas itu banyak yang pecah, makanya harganya pun relatif dibawah harga dari kemiri berkualitas,"ungkapnya. Ia mengatakan, komoditi hasil bumi ini dikumpulkan baru didistribusi ke luar daerah seperti ke kota Makassar, Sulawesi Selatan dan kadang pula dipasarkan ke kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurutnya, stabilnya harga tersebut karena pasokan barang dari petani daerah sentra produksi terbilang lancar dan jumlahnya pun sesuai dengan tingkat kebutuhan. "Pasokan kemiri kupas dari petani cukup stabil dalam beberapa bulan terakhir. Ini juga dibarengi dengan tingkat permintaan dari luar pun relatif normal,"jelasnya.

Dia mengatakan, kondisi harga kemiri kupas biasanya merangkak naik saat waktu-waktu tertentu seperti perayaan hari-hari keagamaan. "Kebutuhan kemiri kupas terjadi saat memasuki perayaan keagamaan dan pasti harga menjadi naik karena stok dengan permintaan tidak berimbang,"tututrnya.

salah satu keuntungan menanam kemiri karena kulitnya bisa dijualkan ke pasar tradisional untuk kebutuhan pengasapan ikan oleh para pengusaha rumah makan di daerah ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar