Entri Populer

Minggu, 07 Agustus 2011

Harga Lada Hitam Naik Tipis Di Sumatera

(Daerah-Sumatra): Harga lada putih Juli 2011
Harga lada putih di tingkat pedagang pengumpul di Pangkalpinang, Bangka Belitung, naik tipis karena pasokan kurang dan permintaan pasar meningkat. "Harga lada putih naik menjadi Rp 66.500,- per kilogram dari sebelumnya Rp 66.000,- per kilogram," ujar Edi Supratman, pedagang pengumpul di Pangkalpinang, Selasa.

Naiknya harga lada putih karena pasokan dari petani terbatas seiring berkurangnya hasil panen lada tahun ini karena pengaruh cuaca yang tidak menentu. "Cuaca yang tidak menentu dan cenderung ekstrim mengakibatkan banyak pohon lada tumbang dan mati karena angin kencang."

Sementara itu, buah lada mengalami penurunan produksi karena bunga lada tersebut banyak berguguran karena cuaca tidak menentu, seperti panas terik tiba-tiba saja hujan turun yang mempengaruhi pertumbuhan dan buah lada. Dalam sepekan terakhir, menurut dia, pasokan lada putih hanya 50 hingga 80 kilogram saja dari biasanya mencapai 200 kilogram per hari.

"Saat ini, sebagian besar petani lada yang tersebar di Balu ijuk, Sungailiat, Tempilang, Tua Tunu dan daerah lainnya masih melakukan panen lada. Diperkirakan puncak panen lada pada akhir Juli hingga Agustus 2011."

Hasil panen lada tahun ini kurang optimal karena tanaman lada banyak yang diserang hama penyakit kuning dan berkurangnya lahan perkebunan lada seiring maraknya perkebunan sawit dan tambang bijih timah sehingga produksi lada menurun drastis.

Menurut dia, kenaikan harga lada putih tergantung permintaan pasar dan eksporter. "Biasanya harga lada putih menjelang puasa Ramadhan turun karena petani lada ramai menjual hasil panennya untuk memenuhi kebutuhan membeli beras, minyak goreng dan kebutuhan sembako lainnya yang harga mulai merangkak naik," ujarnya.

Ellan, Pedagang pengumpul lainnya mengatakan, naiknya harga lada putih diharapkan menngkatkan lada dari petani. Dengan demikian, pasokan petani dapat memenuhi permintaan pasar dan eksporter yang terus meningkat.

"Dengan naiknya harga lada putih diharapkan masyarakat akan tertarik untuk menjual ladanya karena harga saat ini cukup tinggi jika dibandingkan harga pada awal Juni 2011 yang hanya Rp57 hingga Rp58 ribu per kilogram," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar