Entri Populer

Minggu, 07 Agustus 2011

Harga Lada Hitam Stabil d Bangka (Jumat , 22/07/2011).

Berita Sumatera (Jumat , 22/07/2011).
Harga lada putih di tingkat pedagang pengumpul di Sungailiat pada tiga hari terakhir tetap stabil pada kisaran Rp 68.000/kg.

"Harga lada putih tetap stabil pada kisaran Rp 68.000/kg," ujar Akhi, pedagang pengumpul d Sungailiat, Bangka
untuk saat ini minim sekali petani yang menjual ladanya ke pedagang pengumpul. Bahkan terkadang dalam satu minggu tak satu kg lada yang bisa ditampung "Padahal, panen raya lada sudah berlangsung Juni lalu, namun masih sedikit petani yang menjual ladanya. Kalau ada pun mungkin stok lama yang dijual petani, sedang stok baru masih belum banyak dijual ," ujar Akhi.

Ia mengatakan, tanaman lada di Bangka kini diperkirakan hanya tinggal 30 persen, seperti yang masih ada di daerah penghasil lada Bakam dan Bukit Layang. Kondisi itu ditambah dengan junjung yang semakin sulit didapat.

"Kita melihat harga lada saat ini cukup lumayan, namun pasokannya yang jauh berkurang. Hanya hari- hari tertentu saja kadang kita bisa menampung lada sebanyak 2 hingga 3 karung dan itu pun jarang sekali,Kendati demikian, biasanya saat menjelang lebaran nanti pasokan lada petani akan lebih banyak dibanding biasanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar